.
4shared.com - Free file sharing and storage

Senin, 14 Desember 2009

Spam Berisi Malware, Kian 'Membanjir'


Jakarta - Persentase jumlah spam berisi malware kian meningkat. Hal ini terungkap dari data terbaru Symantec. Pada September 2009, Symantec menemukan bahwa rata-rata 1,3% dari keseluruhan pesan spam berisi malware. Jika dibandingkan dengan Agustus 2009, ini berarti terjadi peningkatan sebesar 9 kali lipat jumlah pesan yang berisi malware.

Jumlah pesan yang berisi malware sebenarnya mencapai titik tertinggi di 4,5% dari keseluruhan spam pada saat tertentu selama bulan September.

Meskipun kenaikan satu digit terlihat kecil pada awalnya, namun akibat dari peningkatan ini sangat berarti jika pengguna melihat bahwa 86,39% dari keseluruhan pesan email pada bulan September 2009 adalah spam.

Menurut Symantec, implikasinya antara lain meningkatnya malware yang disisipkan, yang akan memicu peningkatan rata-rata ukuran pesan spam.

Pada bulan September juga, pesan spam dengan ukuran lebih besar dari 10k meningkat 5%. Sementara pesan spam yang mempunyai ukuran rata-rata antara 0-2k, turun 7%.

Alhasil pesan yang lebih besar mengakibatkan beban yang berarti pada sumberdaya TI dan dapat memperlambat pengiriman pesan yang sah sampai kepada pengguna yang dituju.

Terkait hal tersebut, Symantec memberi 5 tips yang sebaiknya tidak dilakukan pengguna:

- Membuka lampiran dari email yang tidak dikenal. Karena lampiran ini dapat menginfeksi komputer.
- Membalas spam. Biasanya alamat emailnya dipalsukan, dan membalas email spam akan menghasilkan spam-spam lain.
- Mengisi formulir dalam pesan yang meminta informasi pribadi atau keuangan atau kata sandi (password.). Perusahaan terkemuka tidak mungkin meminta informasi pribadi melalui email.
- Membeli produk atau jasa dari pesan spam.
- Membuka pesan spam.
- Meneruskan peringatan virus apapun yang anda terima melalui email. Bisa jadi ini adalah berita bohong (hoax). (Choi)

Sumber : Detikinet.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Antivirus © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger