.
4shared.com - Free file sharing and storage

Jumat, 04 Desember 2009

Malware yang Menyusup Sebagai Spam Melonjak


Jakarta - Pesan sampah (spam) yang menyerbu inbox email tak selalu berisi iklan. Sebab, rupanya banyak juga program jahat (malware) yang menyusup lewat gelontoran alat promosi yang tak diinginkan tersebut.

Pada Oktober 2009 saja misalnya, rata-rata 1,9% dari keseluruhan pesan spam yang beredar di internet berisi malware.

Hal ini sama dengan kenaikan sebesar 0,6% dari September 2009 yang saat itu jumlah pesan berisi malware menyentuh angka tertinggi sebesar 4,5% dari keseluruhan spam.

Symantec menilai bahwa peningkatan malware yang menyusup di serbuan spam ini terbilang signifikan, jika mempertimbangkan bahwa 87% dari keseluruhan pesan email pada bulan Oktober 2009 adalah spam.

Salah satu email spam yang lebih menarik dengan sisipan malware di dalamnya adalah spam yang menyamar sebagai notifikasi/pemberitahuan dari Facebook bahwa password si penerima telah direset. Pesan tersebut tersimpan dalam sisipan file zip yang berisi file exe yang berbahaya.

Symantec mendeteksi file exe tersebut sebagai Trojan.Bredolab. Varian Bredolab ini terhubung dengan sebuah domain di Rusia dan mesin yang terinfeksi kemungkinan besar akan menjadi bagian dari botnet Bredolab.

Choi

SUmber : Detikinet.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Antivirus © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger